Animasi Tertua di Dunia

by 17.54 0 komentar
Indonesia sudah memiliki animasi, bahkan ketika komputer atau teknologi elektronik lainnya belum ditemuka. Animasi tertua itu bernama wayang kulit. Wayang adalah salah satu kesenian asli Indonesia yang sangat populer. Kesenian ini terus berkembang dari masa ke masa. Kata wayang berasal dari Wad an Hyang, artinya leluhur, tapi ada juga yang berpendapat yaitu dari kata bayangan. Wayang sendiri memiliki banyak jenis seperti wayang kulit, wayang kayu, wayang orang, dan wayang rumput. Selain untuk media hiburan, wayang juga sudah digunakan untuk berbagai hal seperti media solialisasi, media pendidikan maupun kritik sosial.
Pertunjukan wayang kulit sendiri telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik. Oleh sebab itu, wayang merupakan animasi tertua yang ada di dunia.
Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO telah menetapkan wayang sebagai sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ).
Meski kesenian wayang sangat membanggakan, seiring berkembangnya zaman, seolah tersapu oleh modernisasi warisan budaya wayang yang sangat berharga ini sedikit demi sedikit mulai pudar.

SASSU B

Kontributor

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.

0 komentar:

Posting Komentar